Selasa, 17 Mei 2016

DAFTAR PERTANYAAN KLASTER INDUSTRI KAPAL

DAFTAR PERTANYAAN KLASTER INDUSTRI KAPAL

Petunjuk Pengisian:

Lingkarilah salah satu nomor pada kolom “Kondisi Perusahaan” yang dinilai tepat atau dapat menggambarkan kondisi perusahaan Bapak/Ibu saat ini/selama ini dan prediksi ke depan, baik pada bisnis bangunan baru maupun bisnis reparasi kapal. Penilaian kondisi yang diberikan adalah relatif terhadap pesaing-pesaing di segmen pasarnya, yang mencakup galangan kapal nasional kelas menengah dan galangan kapal asing di kawasan regional (termasuk galangan PMA di Pulau Batam).

I.  BISNIS BANGUNAN BARU


A.  Faktor Internal Bisnis Bangunan Baru


No.
Variabel
Penjelasan
Kondisi Perusahaan
1.
Company culture
Persepsi tentang mutu dan pelayanan, kemauan untuk berubah, kemampuan menghadapi  tantangan.
1.  Belum dipahami/tumbuh, belum siap.
2.  Terbatas pada manajemen puncak.
3.  Mulai tumbuh di seluruh lapisan organisasi.
4.  Tumbuh dan melekat di seluruh lapisan.
2.
Organization and management
Kelengkapan sistem yang berorientasi pada pelanggan, sep: job-desc., SOP, ISO, MIS, dll.
1.  Terbatas dan sering tidak berfungsi.
2.  Cukup lengkap tapi sering tidak berfungsi.
3.  Cukup lengkap dan cukup berfungsi.
4.  Lengkap dan sangat berfungsi.
3.
Business network
Akses pasar dan jaringan bisnis dengan pelanggan, pemasok jasa dan material.
1.  Terbatas pada pasar domestik.
2.  Domestik dan regional terbatas.
3.  Cukup luas, domestik dan regional.
4.  Sangat luas, domestik dan regional.
4.
Engineering and database
Penguasaan rancang bangun dan tersedianya database disain.
1.  Hanya shop drawing dgn fasilitas terbatas.
2.  Shop drawing dengan fasilitas dan database
terbatas.
3.  Hingga basic design (terbatas), dengan fasilitas dan database yang memadai.
4.  Seluruh tahap disain, dengan fasilitas dan
database yang sangat memadai.
5.
Facility and equipments
Ketersediaan fasilitas dan peralatan produksi dengan kondisi baik dan produktif.
1.  Terbatas dan kurang produktif.
2.  Cukup memadai, kurang produktif.
3.  Cukup memadai dan produktif.
4.  Sangat memadai dan produktif.
6.
Delivery speed
Kondisi jangka waktu dan ketepatan waktu penyerahan produk kepada pelanggan.
1.  Jauh lebih lama dan sering terlambat.
2.  Lebih lama dan agak sering terlambat.
3.  Rata-rata sama, kadang kala terlambat.
4.  Rata-rata lebih cepat dan tidak terlambat.
7.
Quality assurance
Kondisi mutu produk dan jaminan purnajual sesuai harapan pelanggan.
1.  Lebih rendah dan sering tidak sesuai.
2.  Agak rendah dan kadang tidak sesuai.
3.  Rata-rata sama dan cukup sesuai.
4.  Rata-rata lebih baik & sesuai harapan.
8.
Price level
Tingkat penawaran harga produk kepada pelanggan.
1.  Hampir selalu lebih tinggi dari pesaing.
2.  Rata-rata lebih tinggi dari pesaing .
3.  Rata-rata sama dengan pesaing.
4.  Rata-rata lebih rendah dari pesaing.




B.  Faktor Eksternal Bisnis Bangunan Baru



No.
Variabel
Penjelasan
Kondisi Perusahaan
1.
Quality of materials
Tersedianya material dan
1. Hanya ±20% memenuhi harapan pelanggan.


komponen kapal dengan
2. Hanya ±30% memenuhi harapan pelanggan.


mutu sesuai harapan
pelanggan di dalam negeri.
3.  Sudah ±40% memenuhi harapan pelanggan.
4.  Sudah >40% memenuhi harapan pelanggan.
2.
Price of materials
Tersedianya material dan
1.  Umumnya lebih mahal dibanding diperoleh pesaing.
2.  Sebagian lebih mahal dibanding diperoleh pesaing.
3.  Relatif sama dibanding yang diperoleh pesaing.
4.  Relatif lebih murah dibanding diperoleh pesaing.


komponen kapal dengan


harga murah di dalam


negeri.
3.
Supplier know-how
Tingkat penguasaan
1.  Sangat kurang memadai dan mempengaruhi produksi.
2.  Relatif kurang memadai dan mempengaruhi produksi.
3.  Cukup memadai, dengan layanan cepat dan tepat.
4.  Cukup memadai, dgn layanan sangat cepat & tepat.


pemasok lokal (jasa dan


material) terhadap


kebutuhan industri kapal


nasional.
4.
Domestic market
Tingkat pertumbuhan/ kebutuhan pasar domestik untuk usaha bangunan baru.
1.  Lambat/kurang & berfluktuasi/tidak tetap.
2.  Agak lambat/kurang dan relatif berfluktuasi.
3.  Cukup cepat/sedang dan relatif stabil.
4.  Cepat/besar dan sangat stabil.
5.
International market
Tingkat pertumbuhan/ kebutuhan pasar ekspor/ regional dan hambatan bagi galangan kapal nasional, untuk usaha bangunan baru.
1.  Lambat/cukup tersedia dan sangat tertutup.
2.  Agak cepat/cukup, relatif tertutup/terbatas.
3.  Cukup cepat/besar, relatif stabil dan terbuka.
4.  Cepat/besar, sangat stabil dan terbuka.
6.
Barrier to international market
Faktor penghambat dalam persaingan di pasar ekspor (persyaratan struktur modal, pengalaman, proteksi, dll).
1.  Sangat sulit masuk di pasar ekspor.
2.  Relatif sulit masuk di pasar ekspor.
3.  Relatif tidak ada hambatan masuk di pasar ekspor.
4.  Tidak ada hambatan masuk di pasar ekspor.
7.
Industry infrastructure
Tersedianya sarana infrastruktur pendukung industri di dalam negeri dan sekitar perusahaan (jalan, transportasi, listrik, air, dll).
1.  Sangat terbatas, dibanding yang dialami pesaing.
2.  Masih terbatas, dibanding yang dialami pesaing.
3.  Rata-rata sama, dibanding dialami pesaing.
4.  Lebih mendukung, dibanding dialami pesaing.
8.
Government support to shipyard
Dukungan pemerintah kepada galangan kapal, berupa: regulasi, proteksi, pajak, kebijakan, stabilitas nilai tukar, dan penyertaan modal asing.
1.  Sangat terbatas, dibanding dialami pesaing.
2.  Masih terbatas, dibanding dialami pesaing.
3.  Rata-rata sama, dibanding dialami pesaing.
4.  Lebih mendukung, dibanding dialami pesaing.




9.
Government support to shipping company
Dukungan pemerintah kepada industri pelayaran/ pengguna jasa industri kapal, berupa: regulasi, proteksi, pajak, kebijakan, stabilitas nilai tukar, dll.
1.  Sangat terbatas, sehingga pelanggan sulit berkembang.
2.  Masih terbatas, sehingga pelanggan kurang berkembang.
3.  Cukup mendukung, pelanggan cukup berkembang.
4.  Sangat mendukung, pelanggan cepat berkembang.
10.
Bank support
Dukungan pendanaan bank lokal dengan tingkat bunga kompetitif, syarat dan proses yang mudah.
1.  Tidak kompetitif, syarat dan proses sulit.
2.  Tersedia tapi kurang kompetitif, syarat dan proses relatif sulit.
3.  Tersedia, cukup kompetitif, syarat dan proses relatif mudah.
4.  Tersedia, lebih kompetitif, syarat dan proses sangat mudah.




II.  BISNIS REPARASI KAPAL


C.  Faktor Internal Bisnis Reparasi Kapal

No.
Variabel
Penjelasan
Kondisi Perusahaan
1.
Price level
Tingkat penawaran harga produk kepada pelanggan.
1.  Hampir selalu lebih tinggi dari pesaing.
2.  Rata-rata lebih tinggi dari pesaing .
3.  Rata-rata sama dengan pesaing.
4.  Rata-rata lebih rendah dari pesaing.
2.
Employee know- how
Tingkat pendidikan, pengalaman, kompetensi, motivasi, dan produktivitas karyawan.
1.  Terbatas dan kurang produktif.
2.  Cukup memadai, kurang produktif.
3.  Cukup memadai dan produktif.
4.  Sangat memadai dan produktif.
3.
Company culture
Persepsi tentang mutu dan pelayanan, kemauan untuk berubah, kemampuan menghadapi tantangan.
1.  Belum dipahami/ tumbuh, belum siap.
2.  Terbatas pada manajemen puncak.
3.  Mulai tumbuh di seluruh lapisan organisasi.
4.  Tumbuh dan melekat di seluruh lapisan.
4.
Business network
Akses pasar dan jaringan bisnis dengan pelanggan, pemasok jasa dan material.
1.  Domestik dengan zona terbatas/ lokal.
2.  Domestik dengan zona cukup luas.
3.  Domestik dengan zona luas dan regional.
4.  Sangat luas, domestik dan regional.
5.
Delivery speed
Kondisi jangka waktu dan ketepatan waktu penyerahan produk kepada pelanggan.
1.  Jauh lebih lama dan sering terlambat.
2.  Lebih lama dan agak sering terlambat.
3.  Rata-rata sama, kadang kala terlambat.
4.  Rata-rata lebih cepat dan tidak terlambat.
6.
Quality assurance
Kondisi mutu produk dan jaminan purnajual sesuai harapan pelanggan.
1.  Lebih rendah dan sering tidak sesuai.
2.  Agak rendah dan kadang tidak sesuai.
3.  Rata-rata sama dan cukup sesuai.
4.  Rata-rata lebih baik & sesuai harapan.
7.
Shipyard location
Kondisi strategis lokasi galangan, sesuai segmen pasarnya/kedekatan pada pasar.
1.  Tidak strategis dibandingkan pesaing.
2.  Kurang strategis dibandingkan pesaing.
3.  Cukup strategis dibandingkan pesaing.
4.  Sangat strategis dibandingkan pesaing.




D.  Faktor Eksternal Bisnis Reparasi Kapal

No.
Variabel
Penjelasan
Kondisi Perusahaan
1.
Price of materials
Tersedianya material dan
1.  Umumnya lebih mahal dibanding diperoleh pesaing.
2.  Sebagian lebih mahal dibanding diperoleh pesaing.
3.  Relatif sama dibanding yang diperoleh pesaing.
4.  Relatif lebih murah dibanding diperoleh pesaing.


komponen kapal dengan


harga murah di dalam


negeri.
2.
Quality of materials
Tersedianya material dan
1. Hanya ±20% memenuhi harapan pelanggan.


komponen kapal dengan
2. Hanya ±30% memenuhi harapan pelanggan.


mutu, sesuai harapan
pelanggan di dalam negeri.
3.  Sudah ±40% memenuhi harapan pelanggan.
4.  Sudah >40% memenuhi harapan pelanggan.
3.
Availability of sub- contractor workers
Tersedianya jasa/tenaga sub-kontraktor yang memadai dan berkualitas di sekitar lokasi galangan.
1.  Tidak tersedia, sesuai kualifikasi yang diharapkan..
2.  Kurang tersedia, sesuai kualifikasi yang diharapkan.
3.  Relatif tersedia, sesuai kualifikasi yang diharapkan.
4.  Banyak tersedia, sesuai kualifikasi yang diharapkan.
4.
Bank support
Dukungan pendanaan bank lokal dengan tingkat bunga kompetitif, syarat dan proses yang mudah.
1.  Tidak kompetitif, syarat dan proses sulit.
2.  Tersedia tapi kurang kompetitif, syarat dan proses relatif sulit.
3.  Tersedia, cukup kompetitif, syarat dan proses relatif mudah.
4.  Tersedia, lebih kompetitif, syarat dan proses sangat mudah.
5.
Government support to shipyard
Dukungan pemerintah kepada galangan kapal, berupa: regulasi, proteksi, pajak, kebijakan, stabilitas nilai tukar, dan penyertaan modal asing.
1.  Sangat terbatas, dibanding dialami pesaing.
2.  Masih terbatas, dibanding dialami pesaing.
3.  Rata-rata sama, dibanding dialami pesaing.
4.  Lebih mendukung, dibanding dialami pesaing.
6.
Government support to shipping company
Dukungan pemerintah kepada industri pelayaran/ pengguna jasa industri kapal, berupa: regulasi, proteksi, pajak, kebijakan, stabilitas nilai tukar, dll.
1.  Sangat terbatas, sehingga pelanggan sulit berkembang.
2.  Masih terbatas, sehingga pelanggan kurang berkembang.
3.  Cukup mendukung, pelanggan cukup berkembang.
4.  Sangat mendukung, pelanggan cepat berkembang.
7.
Domestic market
Tingkat pertumbuhan/ kebutuhan pasar domestik untuk usaha reparasi kapal.
1.  Lambat/kurang & berfluktuasi/tidak tetap.
2.  Agak lambat/kurang dan relatif berfluktuasi.
3.  Cukup cepat/sedang dan relatif stabil.
4.  Cepat/besar dan sangat stabil.



Sumber : Ma'ruf, B. (2007).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar