DAFTAR
PERTANYAAN KLASTER INDUSTRI KAPAL
Petunjuk Pengisian:
Lingkarilah salah satu nomor pada
kolom “Kondisi Perusahaan” yang dinilai tepat atau dapat menggambarkan kondisi
perusahaan Bapak/Ibu saat ini/selama ini dan prediksi ke depan, baik pada
bisnis bangunan baru maupun bisnis reparasi kapal. Penilaian kondisi yang
diberikan adalah relatif terhadap pesaing-pesaing di segmen pasarnya,
yang mencakup galangan kapal nasional kelas menengah
dan galangan kapal
asing di kawasan
regional (termasuk galangan
PMA di Pulau Batam).
I. BISNIS BANGUNAN BARU
A. Faktor Internal
Bisnis Bangunan Baru
No.
|
Variabel
|
Penjelasan
|
Kondisi Perusahaan
|
1.
|
Company
culture
|
Persepsi
tentang mutu dan pelayanan, kemauan untuk berubah, kemampuan menghadapi tantangan.
|
1. Belum dipahami/tumbuh, belum siap.
2. Terbatas pada
manajemen puncak.
3. Mulai tumbuh
di seluruh lapisan organisasi.
4. Tumbuh dan melekat di seluruh lapisan.
|
2.
|
Organization and management
|
Kelengkapan sistem yang berorientasi pada
pelanggan, sep: job-desc., SOP, ISO, MIS, dll.
|
1. Terbatas dan sering tidak
berfungsi.
2. Cukup lengkap
tapi sering tidak
berfungsi.
3. Cukup lengkap
dan cukup berfungsi.
4. Lengkap dan
sangat berfungsi.
|
3.
|
Business
network
|
Akses pasar dan jaringan bisnis dengan
pelanggan, pemasok jasa dan material.
|
1. Terbatas pada
pasar domestik.
2. Domestik dan regional terbatas.
3. Cukup luas,
domestik dan regional.
4. Sangat luas,
domestik dan regional.
|
4.
|
Engineering and database
|
Penguasaan rancang bangun dan
tersedianya database disain.
|
1. Hanya shop drawing
dgn fasilitas terbatas.
2. Shop drawing dengan fasilitas dan database
terbatas.
3.
Hingga basic design
(terbatas), dengan
fasilitas dan database yang memadai.
4. Seluruh tahap
disain, dengan fasilitas dan
database yang sangat memadai.
|
5.
|
Facility and
equipments
|
Ketersediaan fasilitas dan peralatan
produksi dengan kondisi baik dan produktif.
|
1. Terbatas dan kurang produktif.
2. Cukup memadai, kurang produktif.
3. Cukup memadai
dan produktif.
4. Sangat memadai dan produktif.
|
6.
|
Delivery
speed
|
Kondisi jangka waktu dan
ketepatan waktu penyerahan produk kepada pelanggan.
|
1. Jauh lebih
lama dan sering
terlambat.
2. Lebih lama
dan agak sering
terlambat.
3. Rata-rata sama,
kadang kala terlambat.
4. Rata-rata lebih
cepat dan tidak
terlambat.
|
7.
|
Quality
assurance
|
Kondisi mutu produk dan jaminan
purnajual sesuai harapan pelanggan.
|
1. Lebih rendah
dan sering tidak
sesuai.
2. Agak rendah
dan kadang tidak
sesuai.
3. Rata-rata sama dan cukup
sesuai.
4. Rata-rata lebih
baik & sesuai
harapan.
|
8.
|
Price
level
|
Tingkat penawaran harga produk kepada
pelanggan.
|
1. Hampir selalu
lebih tinggi dari pesaing.
2. Rata-rata lebih
tinggi dari pesaing .
3. Rata-rata sama
dengan pesaing.
4. Rata-rata lebih
rendah dari pesaing.
|
B. Faktor Eksternal Bisnis
Bangunan Baru
No.
|
Variabel
|
Penjelasan
|
Kondisi Perusahaan
|
1.
|
Quality
of materials
|
Tersedianya
material dan
|
1.
Hanya ±20% memenuhi harapan
pelanggan.
|
|
|
komponen kapal dengan
|
2.
Hanya ±30% memenuhi harapan
pelanggan.
|
|
|
mutu sesuai harapan
pelanggan
di dalam negeri.
|
3. Sudah ±40% memenuhi harapan pelanggan.
4. Sudah >40% memenuhi harapan pelanggan.
|
2.
|
Price
of materials
|
Tersedianya
material dan
|
1.
Umumnya lebih mahal dibanding diperoleh pesaing.
2.
Sebagian lebih mahal dibanding diperoleh pesaing.
3.
Relatif sama dibanding yang diperoleh
pesaing.
4.
Relatif lebih murah dibanding diperoleh pesaing.
|
|
|
komponen kapal dengan
|
|
|
|
harga murah di dalam
|
|
|
|
negeri.
|
|
3.
|
Supplier know-how
|
Tingkat penguasaan
|
1. Sangat kurang memadai dan mempengaruhi produksi.
2. Relatif kurang memadai
dan mempengaruhi produksi.
3. Cukup memadai, dengan
layanan cepat dan tepat.
4. Cukup memadai, dgn layanan sangat
cepat & tepat.
|
|
|
pemasok lokal (jasa dan
|
|
|
|
material) terhadap
|
|
|
|
kebutuhan industri kapal
|
|
|
|
nasional.
|
|
4.
|
Domestic
market
|
Tingkat pertumbuhan/ kebutuhan pasar
domestik untuk usaha bangunan baru.
|
1. Lambat/kurang &
berfluktuasi/tidak tetap.
2.
Agak lambat/kurang dan relatif berfluktuasi.
3. Cukup cepat/sedang dan relatif stabil.
4. Cepat/besar dan sangat stabil.
|
5.
|
International
market
|
Tingkat
pertumbuhan/ kebutuhan pasar ekspor/ regional dan hambatan bagi galangan
kapal nasional, untuk usaha bangunan baru.
|
1. Lambat/cukup tersedia dan sangat tertutup.
2. Agak cepat/cukup, relatif tertutup/terbatas.
3. Cukup cepat/besar, relatif stabil dan
terbuka.
4. Cepat/besar, sangat
stabil dan terbuka.
|
6.
|
Barrier to
international market
|
Faktor penghambat dalam persaingan di
pasar ekspor (persyaratan struktur modal, pengalaman, proteksi, dll).
|
1. Sangat sulit
masuk di pasar
ekspor.
2. Relatif sulit
masuk di pasar
ekspor.
3. Relatif tidak ada
hambatan masuk di pasar
ekspor.
4. Tidak ada hambatan masuk
di pasar ekspor.
|
7.
|
Industry infrastructure
|
Tersedianya sarana infrastruktur
pendukung industri di dalam negeri dan sekitar perusahaan (jalan, transportasi,
listrik, air, dll).
|
1. Sangat terbatas, dibanding yang dialami
pesaing.
2. Masih terbatas, dibanding yang dialami
pesaing.
3. Rata-rata sama,
dibanding dialami pesaing.
4. Lebih mendukung, dibanding dialami pesaing.
|
8.
|
Government
support to shipyard
|
Dukungan pemerintah kepada galangan
kapal, berupa: regulasi, proteksi, pajak, kebijakan, stabilitas nilai tukar,
dan penyertaan modal asing.
|
1. Sangat terbatas, dibanding dialami pesaing.
2. Masih terbatas, dibanding dialami pesaing.
3. Rata-rata sama,
dibanding dialami pesaing.
4.
Lebih mendukung, dibanding dialami pesaing.
|
9.
|
Government support to shipping company
|
Dukungan pemerintah kepada industri
pelayaran/ pengguna jasa industri kapal, berupa: regulasi, proteksi, pajak,
kebijakan, stabilitas nilai tukar, dll.
|
1. Sangat terbatas, sehingga pelanggan sulit
berkembang.
2. Masih terbatas, sehingga pelanggan kurang
berkembang.
3. Cukup mendukung, pelanggan cukup berkembang.
4. Sangat mendukung, pelanggan cepat berkembang.
|
10.
|
Bank
support
|
Dukungan pendanaan bank lokal dengan
tingkat bunga kompetitif, syarat dan proses
yang mudah.
|
1. Tidak kompetitif, syarat dan proses
sulit.
2. Tersedia tapi kurang
kompetitif, syarat dan proses relatif sulit.
3. Tersedia, cukup kompetitif, syarat dan proses
relatif mudah.
4. Tersedia, lebih kompetitif, syarat dan proses sangat mudah.
|
II. BISNIS REPARASI KAPAL
C. Faktor Internal
Bisnis Reparasi Kapal
No.
|
Variabel
|
Penjelasan
|
Kondisi
Perusahaan
|
1.
|
Price
level
|
Tingkat
penawaran harga produk kepada pelanggan.
|
1. Hampir selalu
lebih tinggi dari
pesaing.
2. Rata-rata lebih
tinggi dari pesaing
.
3. Rata-rata sama
dengan pesaing.
4. Rata-rata lebih
rendah dari pesaing.
|
2.
|
Employee
know- how
|
Tingkat pendidikan, pengalaman,
kompetensi, motivasi, dan produktivitas karyawan.
|
1. Terbatas dan kurang produktif.
2. Cukup memadai, kurang produktif.
3. Cukup memadai
dan produktif.
4. Sangat memadai dan produktif.
|
3.
|
Company
culture
|
Persepsi tentang mutu dan pelayanan,
kemauan untuk berubah, kemampuan menghadapi tantangan.
|
1. Belum dipahami/ tumbuh, belum siap.
2. Terbatas pada
manajemen puncak.
3. Mulai tumbuh
di seluruh lapisan organisasi.
4. Tumbuh dan melekat di seluruh lapisan.
|
4.
|
Business
network
|
Akses pasar dan jaringan bisnis dengan
pelanggan, pemasok jasa dan material.
|
1. Domestik dengan
zona terbatas/ lokal.
2. Domestik dengan
zona cukup luas.
3. Domestik dengan
zona luas dan regional.
4. Sangat luas,
domestik dan regional.
|
5.
|
Delivery
speed
|
Kondisi
jangka waktu dan ketepatan waktu penyerahan produk kepada pelanggan.
|
1. Jauh lebih
lama dan sering
terlambat.
2. Lebih lama
dan agak sering
terlambat.
3. Rata-rata sama,
kadang kala terlambat.
4. Rata-rata lebih
cepat dan tidak
terlambat.
|
6.
|
Quality
assurance
|
Kondisi mutu
produk dan jaminan purnajual sesuai harapan pelanggan.
|
1. Lebih rendah
dan sering tidak
sesuai.
2. Agak rendah
dan kadang tidak
sesuai.
3. Rata-rata sama
dan cukup sesuai.
4. Rata-rata lebih
baik & sesuai
harapan.
|
7.
|
Shipyard
location
|
Kondisi strategis lokasi
galangan, sesuai segmen pasarnya/kedekatan pada pasar.
|
1. Tidak strategis dibandingkan pesaing.
2. Kurang strategis dibandingkan pesaing.
3. Cukup strategis dibandingkan pesaing.
4. Sangat strategis dibandingkan pesaing.
|
D. Faktor Eksternal Bisnis Reparasi Kapal
No.
|
Variabel
|
Penjelasan
|
Kondisi Perusahaan
|
1.
|
Price
of materials
|
Tersedianya
material dan
|
1.
Umumnya lebih mahal dibanding diperoleh pesaing.
2.
Sebagian lebih mahal dibanding diperoleh pesaing.
3.
Relatif sama dibanding yang diperoleh
pesaing.
4.
Relatif lebih murah dibanding diperoleh pesaing.
|
|
|
komponen kapal dengan
|
|
|
|
harga murah di dalam
|
|
|
|
negeri.
|
|
2.
|
Quality
of materials
|
Tersedianya
material dan
|
1. Hanya
±20% memenuhi harapan pelanggan.
|
|
|
komponen kapal dengan
|
2. Hanya
±30% memenuhi harapan pelanggan.
|
|
|
mutu, sesuai harapan
pelanggan
di dalam negeri.
|
3. Sudah ±40% memenuhi harapan pelanggan.
4. Sudah >40% memenuhi harapan pelanggan.
|
3.
|
Availability of sub- contractor workers
|
Tersedianya jasa/tenaga sub-kontraktor
yang memadai dan berkualitas di sekitar lokasi galangan.
|
1. Tidak tersedia, sesuai
kualifikasi yang
diharapkan..
2. Kurang tersedia, sesuai
kualifikasi yang diharapkan.
3. Relatif tersedia, sesuai
kualifikasi yang
diharapkan.
4. Banyak tersedia, sesuai
kualifikasi yang
diharapkan.
|
4.
|
Bank
support
|
Dukungan
pendanaan bank lokal dengan tingkat bunga kompetitif, syarat dan proses yang mudah.
|
1. Tidak kompetitif, syarat dan proses
sulit.
2. Tersedia tapi kurang
kompetitif, syarat dan proses relatif sulit.
3. Tersedia, cukup kompetitif, syarat dan proses
relatif mudah.
4. Tersedia, lebih kompetitif, syarat dan proses sangat mudah.
|
5.
|
Government support to shipyard
|
Dukungan pemerintah kepada galangan
kapal, berupa: regulasi, proteksi, pajak, kebijakan, stabilitas nilai tukar,
dan penyertaan modal asing.
|
1. Sangat terbatas, dibanding dialami pesaing.
2. Masih terbatas, dibanding dialami pesaing.
3. Rata-rata sama,
dibanding dialami pesaing.
4. Lebih mendukung, dibanding dialami pesaing.
|
6.
|
Government support to shipping company
|
Dukungan pemerintah kepada industri
pelayaran/ pengguna jasa industri kapal, berupa: regulasi, proteksi, pajak,
kebijakan, stabilitas nilai tukar, dll.
|
1. Sangat terbatas, sehingga pelanggan sulit
berkembang.
2. Masih terbatas, sehingga pelanggan kurang
berkembang.
3. Cukup mendukung, pelanggan cukup berkembang.
4. Sangat mendukung, pelanggan cepat berkembang.
|
7.
|
Domestic
market
|
Tingkat
pertumbuhan/ kebutuhan pasar domestik untuk usaha reparasi kapal.
|
1. Lambat/kurang &
berfluktuasi/tidak tetap.
2. Agak lambat/kurang dan relatif berfluktuasi.
3. Cukup cepat/sedang dan relatif stabil.
4. Cepat/besar dan sangat stabil.
|
Sumber : Ma'ruf, B. (2007).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar